Grow Safe With Us

5 Hal yang Harus Dilakukan Freelancer demi Keuangan yang Aman

Kemewahan seorang freelancer terletak pada kebebasan waktu -tak akan ada yang mengomeli Anda karena bangun siang di hari Senin. Namun, tanpa penghasilan tetap setiap bulan, bekerja sebagai freelancer bisa sangat berisiko bagi mereka yang tak punya rencana keuangan. Pendapatan freelancer bisa sangat fluktuatif. Apa yang harus disiapkan?

Dana darurat

Memiliki dana darurat sangatlah krusial bagi pekerja freelance. Perhitungkan hari-hari kita perlu beristirahat memulihkan energi dan mendapat inspirasi baru. Perhitungkan hari-hari kita tidak mendapatkan pekerjaan. Idealnya, dana darurat mencakup minimal 4 bulan bagi pekerja freelance yang belum berkeluarga dan tidak punya tanggungan. Namun, jika jenis pekerjaan kita merupakan proyek-proyek panjang dan bernilai mahal, pertimbangkan untuk memiliki dana darurat yang mencukupi kebutuhan minimal 6 bulan.

Pisahkan rekening bank

Gunakan rekening bank yang terpisah antara kebutuhan dan pengeluaran pribadi dengan rekening pekerjaan. Kita harus disiplin menggunakan rekening pribadi untuk kebutuhan pribadi, dan rekening pekerjaan hanya untuk urusan pekerjaan. Membayar kopi saat harus bekerja di Kafe? Debet saja dari rekening pekerjaan. Satu lagi, freelancer membutuhkan rekening bank khusus untuk tabungan. Rekening itu merupakan tempat untuk dana darurat.

Potong biaya

Perhatikan pengeluaran dan teliti apa saja yang bisa dipangkas. Kebutuhan membeli baju untuk keperluan meeting dengan klien, tetap harus dianggarkan. Tapi kongkow di kafe juga perlu dikurangi. Bekerja di rumah mungkin penuh distraksi, tapi bekerja di kafe pun bisa juga tak produktif. Pilih paket wifi tanpa tv kabel, atau penggunaan kartu kredit yang terbatas dapat mereduksi biaya. Biaya ke gym bisa dihemat jika Anda mau lari pagi keliling kompleks, misalnya.

Investasi

Ada beragam pilihan produk investasi yang bisa dipilih freelancer, mulai dari reksadana hingga logam mulia. Pilihan dapat disesuaikan dengan ritme pendapatan. Hindari pembelian bertahap mengingat pendapatan bisa saja sangat fluktuatif. Jika terima pembayaran proyek cukup besar, langsung saja diinvestasikan.

Pajak

Sebagai freelancer, Anda harus mengurus semuanya sendiri, mulai dari menyiapkan materi pemasaran jasa hingga mengurus pajak. Jadi jangan lupa untuk memasukkan komponen pajak pada penawaran jasa Anda.

Hitung kebutuhan Anda sebagai pekerja freelancer menggunakan kalkulator finansial ini.