Grow Safe With Us

Belajar Cinta dari Kakek-Nenek Kita

Apakah Anda salah satu dari orang yang gemas ketika melihat sepasang kakek-nenek saling bergandengan tangan sedang menyebrang jalan? Mungkin mereka berhasil membuat kita tersenyum kecil karena yang mereka lakukan adalah hal yang lucu. Namun para pasangan tua ini menyadari bahwa memiliki cinta abadi tidak terjadi begitu saja, namun ada usaha yang begitu besar di belakang itu semua.

Melihat cinta berkembang begitu lama dan bertahan dalam ujian waktu tidak hanya menghangatkan hati, namun harus dijadikan inspirasi. Pernikahan akan menjadi sesuatu yang manis untuk selamanya asal kita berusaha memasukkan madu ke dalamnya. Sayangnya, romantisme dianggap sebagai hal yang tabu saat memasuki mahligai rumah tangga. Lalu bagaimana kita menginginkan cinta itu tumbuh dan menjadi kekal kalau kita tidak menyiraminya?

Beberapa pasangan yang sudah sekian dekade bersama ini mengingatkan kita kembali bagaimana menghadirkan kembali perasaan jatuh cinta yang biasanya dimiliki kaum muda saja. Anda yang sudah menikah pun berhak merasakannya!

Cinta adalah bagaimana kita memberi sebanyak-banyaknya

Pasangan asal Cina, Hui (81) dan Mei Xiao (78) ini mengajarkan bahwa kita tidak perlu perhitungan masalah cinta. Mungkin mereka adalah pasangan yang tidak sependapat dengan cinta harus menerima dan memberi. Bagi Hui dan Mei Xiao yang sudah menikah hampir 60 tahun ini, mereka lebih fokus bagaimana mereka memberikan cinta sebanyak-banyaknya untuk pasangan mereka.

Saat mereka di Cina, Mei Xiao rela menghabiskan waktunya sendirian karena Hui sering bepergian ke luar kota karena urusan pekerjaan. Mei Xiao tetap setia walau ia ditinggal dalam waktu yang lama hingga mereka memutuskan untuk pindah ke Amerika. Cinta mereka diuji kembali karena setibanya mereka di negeri Paman Sam, mereka harus mencari pekerjaan dari nol dengan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan.

Mei Xiao pun tidak pernah mengeluh kepada Hui. Ia tetap mendukung dan memberikan semangat untuk Hui, hingga akhirnya mereka berhasil memiliki rumah sendiri di Amerika. “Hubungan mereka sangatlah manis dan spesial karena mereka saling mendukung seumur hidup.” Cerita Anne Wong cucunya. Hingga suatu saat Mei Xiao jatuh sakit yang membuatnya tidak bisa melakukan apa-apa selain berbaring di tempat tidur. Sang suami lantas merawatnya dengan sepenuh hati . Pelajaran yang bisa diambil dari pasangan ini adalah bagaimana mereka saling menyayangi satu sama lain dalam kondisi apapun.

Rayakan anniversary untuk kesekian kalinya

Cindy Meneghin (58) sangat ingat betul ketika Ayahnya berpesan kepadanya untuk tetap merayakan anniversary dengan pasangan. Perempuan yang sudah hidup bersama dengan Maureen Kilian selama 45 tahun ini pun merasakan manfaatnya. Maureen selalu melamarnya kembali setiap anniversary mereka, dan Cindy akan mengatakan “Ya!”. “Saya selalu tersipu malu ketika mendengarnya, dan herannya itu tetap membuat jantung saya berdegup kencang.” ujar Maureen.

Menurut psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, merayakan hari jadi pernikahan itu penting. “Ibarat pohon raksasa, jika tidak dipupuk maka daunnya akan berguguran dan batang pohonnya mulai keropos. Sama seperti manusia dalam pernikahan. Momen istimewa bersama pasangan ibarat pupuk yang bisa memperkuat ikatan kita dengan suami/istri,” ujar psikolog Universitas Indonesia ini.

Perayaan anniversary dapat menjadi momen untuk mengingat kembali perjalanan suka dan duka bagi hubungan Anda. Tak hanya itu, anniversary juga menjadi momen evaluasi bagi hubungan Anda berdua. Utarakan perasaan masing-masing tanpa sungkan demi keharmonisan Anda dan pasangan.

Menurut Anna, pada dasarnya merayakan hari pernikahan merupakan salah satu wujud mensyukuri apa yang sudah terjadi dalam hidup. “Kita bisa bersyukur dengan pernikahan yang sudah kita jalani.” ungkapnya. Anna juga menambahkan bahwa merayakan ulang tahun juga memberikan kesempatan untuk kita saling meneguhkan komitmen pernikahan.

Jangan lupa tertawa bersama

“Kunci pernikahan yang berjalan lama adalah selalu dan selalu tertawa bersama.” ujar Abel yang menikahi Alexandra Isidron hampir 40 tahun lamanya. Tidak bisa disangkal bahwa kehidupan rumah tangga tidak bisa lepas dari betapa stres nya kita harus membayar tagihan tiap bulannya, belum lagi jika Anda sudah mempunyai anak. Anda berdua membutuhkan sedikit ruangan untuk bertahan di kondisi seperti ini, yaitu melalui tertawa bersama. Mudah saja melakukannya, Anda bisa menonton film komedi bersama atau sekedar nonton video lucu di youtube. Tidak hanya membuat senang, tapi juga semakin lengket!