Beberapa Jenis Investasi yang Cocok untuk Dana Pensiun

26 Oktober 2018 | 00:35

Dana pensiun harus dipersiapkan sejak dini. Bahkan saat Anda baru mulai terjun ke dunia kerja, tidak ada salahnya untuk mulai berhitung soal dana pensiun. Untuk mendapatkan dana pensiun bisa dilakukan lewat beberapa cara. Bisa melalui perusahaan dana pensiun dari pemerintah, DLPK atau yang bisa Anda lakukan mulai sekarang, investasi. Sekarang, jenis investasi sangat beragam, termasuk investasi yang cocok untuk dana pensiun

Apa saja instrumen investasi yang cocok untuk dana pensiun? Ketahui jawabannya dalam artikel di bawah ini.

Reksa dana

Selama ini reksa dana sering dianggap sebagai investasi yang nilai risikonya paling kecil dan return yang diberikan pun cukup besar. Anggapan ini kemudian membuat banyak orang tertarik untuk memilih instrumen investasi ini. Reksa dana pun relatif lebih mudah dijalankan karena Anda akan dibantu oleh manajer investasi (MI).

Di samping itu, return yang ditawarkan pun dinilai tepat untuk dana pensiun karena jangka waktunya yang panjang. Investasi dana pensiun biasanya dilakukan dalam rentang waktu 15 hingga 20 tahun. Dengan rentang waktu yang demikian, hasil yang Anda dapatkan dari reksa dana sudah optimal untuk dana pensiun.

Logam mulia

Pengelolaan dana pensiun akan mudah dilakukan jika Anda telah mengenal instrumen investasinya dengan baik. Investasi semacam saham memang bisa memberikan hasil yang sangat besar, tetapi banyak orang yang masih belum paham cara kerjanya. Salah satu instrumen investasi yang sudah banyak dikenal orang adalah logam mulia.

Investasi riil ini diminati banyak orang selain karena mudah dipahami tetapi juga karena sifat logam mulia itu sendiri. Logam mulia seperti emas biasanya mengalami kenaikan harga setiap tahun. Tidak hanya itu, resiko logam mulia terdampak inflasi juga kecil. Jadi apabila di masa mendatang terjadi inflasi, Anda tidak akan terlalu terkena imbasnya.

Properti

Alternatif lain untuk dana pensiun Anda adalah investasi properti. Secara sederhana, harga properti makin hari makin naik. Mengalokasikan dana Anda untuk properti tentu akan mendapatkan keuntungan yang besar di masa mendatang. Investasi ini cocok diterapkan di Indonesia karena banyak yang berpikir kepemilikan lahan dan properti sangat penting adanya.

Hingga saat ini suku bunga yang dipatok untuk kredit pemilikan rumah (KPR) pun masih tergolong rendah. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang relatif terjangkau. Di masa mendatang, rumah tersebut tentu akan naik harganya. Jadi bisa disimpulkan bahwa instrumen ini bisa sangat menguntungkan.

Asuransi unit link

Dana pensiun sering diremehkan karena pensiun sendiri diprediksi tidak terjadi dalam waktu dekat. Akibatnya saat menjelang waktu pensiun, Anda kelabakan untuk menyiapkan dana pensiun. Padahal sesuatu yang terjadi di masa datang sangat berisiko. Anda tidak dapat memperkirakan apa yang akan terjadi.

Namun bukan berarti Anda tidak dapat melakukan sesuatu. Anda bisa memberikan proteksi tambahan supaya masa depan lebih terjamin. Hal inilah yang ditawarkan asuransi unit link. Tidak hanya berfungsi sebagai investasi, asuransi jenis ini juga bisa menjadi alat proteksi. Premi yang dibayarkan akan menjadi perlindungan untuk kondisi finansial dan kesehatan Anda.

Saat ini memang banyak perusahaan dana pensiun yang akan membantu Anda untuk mengelola manfaat pensiun. Namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba berinvestasi. Pilihannya sangat beragam mulai dari reksa dana hingga asuransi unit link. Jika Anda tertarik menggunakan asuransi ini, CommonWealth Life telah menyediakan produk Investra Link. Dengan Investra Link Anda bisa berinvestasi sekaligus mendapatkan proteksi asuransi jiwa. 

 

Rekomendasi