Manfaat Asuransi Dana Pensiun yang Harus Anda Ketahui

31 Oktober 2018 | 00:40

 Asuransi dana pensiun adalah salah satu upaya untuk memberikan proteksi terhadap masa depan Anda. Melalui tipe asuransi ini, premi yang Anda bayarkan akan dikelola sebagai sebuah asuransi jiwa sekaligus instrumen investasi. Meski menawarkan manfaat yang begitu besar, produk asuransi yang satu ini masih kurang populer di kalangan masyarakat.

Ini karena kesadaran untuk mempersiapkan masa pensiun pada masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Untuk itu, supaya lebih mengenal tentang asuransi dana pensiun beserta manfaatnya, Anda bisa menyimak uraian di bawah ini.

Tentang asuransi dana pensiun

Asuransi dana pensiun adalah sebuah produk asuransi yang fungsi utamanya adalah untuk pengelolaan manfaat pensiun. Selain itu, asuransi ini juga memberikan proteksi layaknya sebuah produk asuransi jiwa. Jadi, dengan membayar premi asuransi dana pensiun maka Anda akan memberikan perlindungan pada dua hal sekaligus, finansial sekaligus kesehatan.

Pada kebanyakan perusahaan, produk asuransi dana pensiun mereka berupa asuransi unit link. Asuransi unit link menggabungkan fungsi proteksi dalam asuransi jiwa dengan investasi. Hal ini sangat cocok untuk pengelolaan manfaat pensiun karena berjangka waktu panjang. Sejalan dengan pensiun yang kemungkinan besar tidak terjadi dalam rentang waktu dekat.

Fungsi asuransi dana pensiun sebagai perusahaan dana pensiun

Terkait dengan pengelolaan manfaat pensiun Anda mungkin sudah mendengar tentang perusahaan dana pensiun. Anda tentu pernah mendengar tentang Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) atau Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) barang sekali atau dua kali. Badan ini memang berfungsi untuk mengelola dan memastikan janji dari manfaat pensiun.

Nah, asuransi dana pensiun termasuk dalam badan hukum tersebut. Asuransi dana pensiun mengelola dan melaksanakan program pensiun. Dengan demikian, saat membayarkan premi asuransi dana pensiun maka Anda sekaligus melakukan program pensiun iuran pasti. Keuangan Anda pun akan lebih teratur dan terkontrol untuk persiapan pensiun nantinya.

Manfaat asuransi dana pensiun

Asuransi dana pensiun memiliki banyak manfaat yang tidak bisa diberikan instrumen investasi lainnya. Dengan membayar asuransi dana pensiun maka Anda tidak hanya berinvestasi tetapi juga memberikan proteksi layaknya asuransi jiwa. Selain itu, asuransi ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan diversifikasi investasi.

Investasi Anda tidak akan terbatas pada satu jenis saja. Potensi return investasi Anda akan lebih optimal karena di saat satu sektor investasi melemah, dana bisa dialihkan untuk sektor lainnya. Tidak hanya bermanfaat karena fungsi investasinya saja, asuransi dana pensiun juga bermanfaat karena fungsi proteksinya.

Anda akan mendapatkan perlindungan terhadap beberapa risiko yang mengancam kesehatan dan hidup. Iuran yang dibayarkan akan berfungsi sebagai uang pertanggungan dan dapat digunakan nantinya. Uang pertanggungan ini dapat Anda gunakan saat terserang penyakit parah yang tentunya akan membutuhkan dana besar.

 

Apabila ingin menikmati segala manfaat yang disebutkan di atas, pertimbangkanlah untuk mulai membeli asuransi dana pensiun. CommonwealthLife melalui Investra Link, sebuah asuransi unit link yang memadukan asuransi jiwa dengan instrumen investasi adalah asuransi dana pensiun yang mampu memberikan perlindungan jiwa sekaligus finansial seumur hidup. Investra Link juga dilengkapi dengan Inflation Link sehingga tidak akan terdampak inflasi pada kemudian hari.

 

Rekomendasi