Penting, Inilah 6 Peran Orang Tua demi Meningkatkan Kecerdasan Anak

14 November 2018 | 17:56

Pada dasarnya setiap orang tua memiliki peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Baik Ayah dan Ibu berkewajiban untuk mendidik dan mengasuh anak-anak sejak kecil hingga dewasa kelak. Untuk memastikan masa depan anak-anak berjalan dengan baik, Anda wajib memberikan jaminan terhadap pendidikan anak. Oleh karena itu, peran Ayah dalam keluarga salah satunya adalah mengikuti program asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan akan membantu peran orang tua untuk mengamankan masa depan anak. Tapi selain  itu masih ada banyak peran yang bisa Anda lakukan bersama pasangan demi meningkatkan kecerdasan anak. Apa saja?

Mencari tahu minat dan bakat anak

Sebagai orang tua, Anda wajib mencari tahu minat dan bakat yang dimiliki oleh anak-anak. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk memahami hal-hal apa saja yang disukai maupun sebaliknya. Proses pencari tahuan ini memang cukup panjang, terlebih anak-anak cenderung memiliki ketertarikan yang berubah-ubah sebelum menginjak usia dewasa. Di sinilah peran Ayah dalam keluarga harus dimaksimalkan serta dibarengi dengan perhatian dari Ibu.

Mendukung kemampuan akademis dan non-akademis

Setelah mengetahui minat dan bakat yang dimiliki anak, inilah saatnya Anda memberi dukungan positif bagi mereka. Dukung segala kemampuan baik di bidang akademis ataupun non-akademis yang dimiliki. Percaya atau tidak, melalui dukungan inilah anak-anak bisa lebih bersemangat dalam mempelajari segala sesuatu sehingga berpengaruh pula terhadap tingkat kecerdasannya.

Selalu memotivasi anak – anak

Peran Ayah dalam keluarga yang juga penting adalah selalu memotivasi anak-anak untuk mau mempelajari hal-hal baru. Ini penting mengingat di luar sana ada banyak perubahan yang harus siap dihadapi oleh mereka terutama saat menjelang pubertas. Motivasi yang baik dari kedua orang tua akan memudahkan anak-anak untuk lebih berprestasi di sekolah.

Pola asuh dengan penuh kasih sayang

Tentu saja, pola asuh yang Anda berikan dengan penuh kasih sayang akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan seorang anak. Mereka yang merasa bahagia dan nyaman akan lebih mudah menyerap materi-materi pelajaran sekolah dengan baik. Perasaan senang ini juga akan membuatnya jauh dari depresi atau stres.

Memberi contoh – contoh kebaikan

Anak-anak cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Untuk itu, peran Ayah dalam keluarga adalah memberi contoh-contoh kebaikan, kedisiplinan, juga rasa tanggung jawab yang tinggi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Ajarkan anak-anak untuk disiplin waktu sehingga tidak tumbuh menjadi sosok pemalas.

Mengajak anak gemar membaca

Buku adalah jendela dunia. Dengan begitu, sebagai orang tua Anda juga wajib mengajak anak-anak gemar membaca. Alih-alih mengajaknya bermain di tempat hiburan, sebaiknya habiskan waktu akhir pekan untuk membaca buku di rumah atau perpustakaan kota. Melalui kegiatan membaca kecerdasan anak-anak dapat meningkat dengan sendirinya.

Jadi, sudahkah Anda menjalankan peran orang tua dengan baik dalam meningkatkan kecerdasan anak? Maksimalkan peran Ayah dalam keluarga melalui program perlindungan jiwa sekaligus kepastian dana pendidikan bagi anak melalui Asuransi Pendidikan Terbaik Danatra Cendekia dari Commonwealth Life.

Asuransi pendidikan ini menyediakan kepastian dana pendidikan bagi anak secara fleksibel yang dapat dibayarkan sesuai dengan usia anak yang bersangkutan. Dapatkan asuransi pendidikan terbaik untuk memberikan perencanaan perlindungan masa depan anak-anak yang lebih baik di masa mendatang bersama Commonwealth Life.

 

Rekomendasi