Pentingnya Family Time Untuk Tumbuh Kembang Anak

12 November 2018 | 18:02

Membeli polis asuransi jiwa menjadi langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama tumbuh kembang anak. Namun, tanggung jawab orang tua terhadap anak tak sebatas itu. Anda juga wajib memberikan family time atau waktu berkualitas bersama keluarga ternyata memiliki peran penting dalam mendukung tumbuh kembang seorang anak. Oleh karena itu, tak hanya bagi Ibu, menyediakan waktu luang untuk anak-anak juga menjadi tanggung jawab Ayah.

Lantas apa pentingnya family time untuk tumbuh kembang anak?

Menciptakan perasaan bahagia

Menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga secara otomatis akan menciptakan perasaan bahagia dalam kehidupannya. Sebagai imbasnya, perasaan bahagia ini akan mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak menjadi pribadi yang positif dengan segala kebaikan-kebaikan yang dimiliki. Meski tidak tertulis dalam peraturan manapun, membahagiakan anak menjadi tanggung jawab Ayah dan Ibu di seluruh dunia.

Orang tua dapat lebih memahami karakter anak

Family time memungkinkan Anda untuk lebih banyak mendengarkan keluh kesah anak-anak. Dengan begitu, Anda dapat lebih memahami karakter anak. Waktu bersama ini juga bisa mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak sehingga keluarga harmonis dapat lebih mudah diciptakan. Pastikan selama family time Anda lebih banyak mendengarkan cerita anak-anak.

Memperbaiki kualitas komunikasi antara anak dan orang tua

Jika di hari biasanya anak-anak cenderung merasa malu atau takut menceritakan isi hatinya kepada Anda, maka melalui kegiatan family time ini kualitas komunikasi antara anak dan orang tua dapat diperbaiki. Tak perlu menunggu akhir pekan, Anda bisa meluangkan waktu di malam hari menjelang tidur untuk family time sambil bersantai di ruang keluarga.

Menguatkan bonding keluarga

Bonding adalah sebuah ikatan emosi yang membuat anak terhubung dengan baik bersama orang tua. Melalui family time inilah Anda bisa memperkuat bonding keluarga. Selain bermanfaat untuk tumbuh kembang anak, melalui bonding yang kuat anak-anak bisa menjalani kehidupannya dengan lebih baik sebab memiliki kesehatan dan kekuatan mental yang positif. Bukan hanya bagi Ibu, bonding juga menjadi tanggung jawab seorang Ayah.

Meningkatkan rasa percaya diri anak

Siapa sangka jika family time juga mempengaruhi rasa percaya diri yang dimiliki anak-anak? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sosiolog di Brown University, anak-anak yang dibesarkan dalam keluarga dengan kebiasaan family time maka cenderung lebih percaya diri dalam mengungkapkan segala sesuatu yang ia rasakan dan pikiran. Dengan demikian, rasa percaya diri tersebut akan membuat tumbuh kembang anak berjalan ke arah yang positif.

Nah, itulah tadi pentingnya family time untuk tumbuh kembang anak yang wajib Anda pahami dengan baik. Tentu saja hal menciptakan family time merupakan salah satu tanggung jawab orang tua terhadap anak. Jangan ragu, untuk melindungi masa depan cerah seluruh anggota keluarga Anda melalui program asuransi jiwa.

Bersama COMM Classy Care, Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi tambahan yang memberi perlindungan kesehatan mulai dari penggantian biaya rawat inap hingga tindakan pembedahan yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan, tanpa harus membayar tunai. Produk asuransi jiwa dari Commonwealth Life ini juga menjangkau rumah sakit di seluruh dunia kecuali Amerika Serikat. Informasi selengkapnya silakan hubungi CommCenter 1-500 525.

 

Rekomendasi