Sadar Asuransi, Inilah 4 Manfaat yang Dirasakan Sejak Dini

28 Oktober 2018 | 00:31

Pada tahun 1990-an sampai awal tahun 2000-an, belum terlalu banyak orang yang peduli akan asuransi. Mereka menganggap asuransi hanya menghambur-hamburkan uang tanpa mendapatkan timbal balik yang setimpal. Padahal jika Anda bisa memilih jenis asuransi yang pas sesuai dengan kebutuhan dan finansial, maka Anda bisa mendapatkan manfaat yang sangat besar.

Bisa dimaklumi, mungkin dulu informasi yang Anda dapatkan tidak secepat dan sebesar jika dibandingkan sekarang. Perilaku konsumen asuransi sekarang juga sangat beragam, ada yang sangat haus akan informasi, atau mereka sudah datang dan ingin bergabung dengan asuransi karena sudah mengetahui informasi dengan detail sebelumnya.

Di dalam artikel kali ini kami akan mencoba menjelaskan kembali apa saja manfaat yang didapatkan jika Anda bergabung dengan asuransi sejak dini. Simak di sini, ya.

Jenis asuransi bermacam-macam, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan

Apakah Anda menganggap bahwa asuransi hanya terdiri dari asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Itu berarti Anda harus mencari lebih dalam mengenai jenis asuransi. Sekarang ada banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih. Bahkan jika dulu asuransi ini hanya dijadikan proteksi, sekarang ada beberapa jenis asuransi yang bisa digabungkan dengan investasi. Bisa dibayangkan, Anda dapat sekaligus menabung, memproteksi diri/keluarga, dan juga berinvestasi.

Asuransi jenis Unit Link adalah gabungan antara asuransi dengan investasi. Jika Anda ingin memproteksi keluarga untuk sektor pendidikan, Anda bisa menggunakan asuransi pendidikan. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan dan asuransi apa yang cocok, Anda harus melihat bagaimana perilaku konsumen diri, berapa besarnya anggaran yang Anda siapkan, apakah tujuan jangka pendek, dan juga jangka panjang. Kami akan memberikan contoh perilaku konsumen, misalnya pasangan muda yang baru menikah akan cocok menggunakan asuransi jiwa dan juga asuransi pendidikan.

Asuransi tidak mahal

Banyak orang yang tidak memilih asuransi karena menganggap bahwa asuransi ini mahal dan tidak sebanding dengan apa yang didapat. Misalnya, dengan membayar premi sebesar 500 ribu rupiah, tidak ada yang didapat jika ternyata pengguna asuransi tidak mempunyai riwayat sakit parah. Kunci dari asuransi sebenarnya bukan apakah Anda mendapatkan uang yang sebanding, terutama untuk asuransi kesehatan, tetapi asuransi kesehatan ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda dan juga keluarga.

Selain itu, jika Anda memilih asuransi yang tepat, Anda masih bisa mendapat manfaat asuransi dengan premi bulanan yang sangat murah. Jadi, Anda harus terus haus akan informasi mengenai asuransi. Ingat ya, asuransi ini bisa juga disebut investasi untuk masa depan Anda dan juga keluarga.

Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial sangat besar dengan asuransi

Sama seperti poin kedua, asuransi ini sebenarnya tidak mahal. Jika pada asuransi kesehatan Anda akan di-cover untuk urusan kesehatan dan memberikan kenyamanan, maka asuransi jiwa bisa memberikan keuntungan yang finansial cukup besar nanti. Jika pengguna asuransi ini meninggal, maka keluarga akan mendapatkan santunan dari jumlah premi yang cukup besar.

Anda bisa menyesuaikan dengan anggaran

Kelebihan menggunakan asuransi sejak dini adalah Anda bisa mendapatkan harga premi yang terjangkau. Coba bayangkan Anda menggunakan asuransi sekarang, Anda bisa mendapatkan harga premi sebesar 500 ribu rupiah, misalnya. Namun, Anda belum tentu mendapatkan manfaat asuransi yang sama dengan premi sebesar itu. Ini adalah keuntungan untuk Anda yang sudah memilih asuransi sejak dini.

Apakah terlambat dalam mendaftar asuransi ini termasuk perilaku konsumen yang buruk? Jawabannya tergantung apakah Anda langsung sadar tentang pentingnya asuransi atau tidak. Jika Anda sudah menimbang bahwa asuransi ini sangat penting untuk diri dan keluarga Anda, itu akan menjadi pilihan yang baik. 

 

Rekomendasi